• Latest News

    Rabu, 21 November 2018

    Harga Pisang Baik Tajam, Panen Anjlok


    LAMPUNG SELATAN (JN) - Panen anjlok, harga pisang di tingkat petani di Lampung Selatan meroket hampir dua kali lipat dari harga normal.
    Harga pisang melejit yang semula Rp15 ribu -Rp17 ribu per tandan isi7 sisir, sekarang harganya mencapai Rp25 ribu. Tapi harga tinggi tidak bisa kami nikmati karena tanaman banyak yang rusak karena kemarau panjang kemarin,” kata etani pisang di desa Bangunrejo, kecamatan Ketapang, Lampung Selatan, Rabu (21/11/2018).
    Hal senada diungkapkan warga Desa Sumberagung, Kecamatan Sragi. Menurut dia, saat hasil panen menurun dratis, harga pisang cukup fantastik. “Sekali tebang biasanya bisa dapat 100 tandan. Namun sejak dua bulan lalu hasil panen terus merosot sampai saat ini. Sekali paanen sekaranf hanya dapat 15 tandan. Itupun buahnya kecil -kecil,” kata Baker.
    Saat musim hujan tiba, petani meremajakan tanaman pisang yang rusak akibat kemarau panjang. Ia berharap, tiga bulan tanaman pisang yang dipanen setiap dua minggu sekali bisa kembali normal.

    Salah satu pengepul pisang di Desa Tamansari, kecamatan Ketapang  Lampung Selatan Juki (40), mengaku kesulitan untuk memenuhi lwbutuhan pelanggannya di dErah Tangerang dan Jakarta. Walau harga pisang naik aignifikan ditingkat petani hingga distributor, namun sulit untuk mendapatkan dalam waktu singkat.
    “Sebelum memasuki Agustus, dalam satu hari mobil L 300 sudah penuh pisang dan siap dikirim. Tapi seakarang bisa sampai 4 hari untuk menuhi muatan. Bahkan nyari pisang sampai Patok kecamatan Way panji juga tidak dapat sesuai harapan,” kata Juki(sumber:lampost.co)

    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Harga Pisang Baik Tajam, Panen Anjlok Rating: 5 Reviewed By: justitia news