• Latest News

    Selasa, 04 Desember 2018

    ELSAM Dukung Wagub Bahtiar "JEWER" OPD Kabupaten/Kota

    Dir.ELSAM, singgih andaluciano
    Bandarlampung (JN) -Lembaga Studi Advokasi Masyarakat (ELSAM) mwnsukung Wakil Gubernur Provinsi Lampung supaya wakil kepala daerah kabupaten/kota menindaklanjuti temuan pengawasan pembangunan baik dari BPK. BPKP dan institusi sejenisnya.
    Direktur ELSAM menuturkan sudah termaktub di aturan hukum pemkab/kota menuntaskan temuan pengawasan hasil pembangunan.
    Diduga, kurun waktu belakangan, Oganisasi Perangkat Daerah (OPD) provinsi/kabupaten/sepelekan temuan hasil pengawasan pembangunan.

    "Kami dukung penuh Wagub Bahtiar soal tindaklanjut temuan masalah kegiatan pembangunan," kata Direktur ELSAM, Singgih Andaluciano.

    Dicatatan ELSAM, institusi tertinggi anggaran pembangunannya yaitu bidang pendidikan, bidang kesehatan, dinas pupsda dan dinas pupr.

    "Bidang pendidikan, kesehatan, pupsa/pupr , tiga inatitusi rawan korupsi. Modus yang digunakan oknum, penggelembungan anggaran hingga pencurian volume pekerjaan pada item kegiatan swakelola dan anggaran rutin OPD,'ujarnya.

    Ia mencontohkan kegiatan di DAK swakelola bidang pendidikan. Luas wilayah dan banyanya lokasi swakelola sd/smp/sma/smk tahun 2018.. Modusnya yaitu penggelembungan anggran kegiatan seperri biaya mkan minum, biaya pemeliharaan kendaraan dinas hingga honorarium staf OPD.

    " Untuk kasus Dinas Pendidikan Provinsi Lampung patut diperiksa pada honorium tim DAK Swakelola TA.2018. Biaya pemeliharaan kendaraan dinas, biaya makan minum juga sangat rawan penyimpangannya,'kata Singgih

    Diketahui, Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri meminta seluruh Wakil Walikota dan Wakil Bupati se-Lampung benar-benar memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing terkait tindak lanjut hasil pengawasan instansi.


    "Pada kesempatan ini kita undang seluruh Wakil Bupati dan Wakil Walikota se-Provinsi Lampung dalam acara Gelarwasda ini tidak lain untuk menekankan agar mengetahui bahwa tugas masing-masing salah satunya untuk menindaklanjuti hasil pengawasan baik yang dilakukan BPK, Dirjen, maupun aparat pengawasan lainnya. Jadi semuanya harus mengetahui tanggung jawab utama itu ada di tangan Wakil Bupati dan Wakil Walikota," Bachtiar Basri di hadapan seluruh Wakil Bupati dan Wakil Walikota beserta seluruh Inspektur se-Provinsi Lampung saat memberi sambutan dan sekaligus membuka Gelar Pengawasan Daerah (Gelarwasda) di Negeri Baru Resort Kalianda, Selasa (4/12/18).(rilis)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: ELSAM Dukung Wagub Bahtiar "JEWER" OPD Kabupaten/Kota Rating: 5 Reviewed By: justitia news