• Latest News

    Minggu, 19 April 2020

    Jelang Ramadan, Jalinsum Rusak Mulai Diperbaiki

    Ruas Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) yang mengalami kerusakan mulai diperbaiki, Jumat, 17 April 2020.

    LAMPUNG SELATAN (JN) - Ruas Jalan lintas Sumatera (Jalinsum) yang mengalami kerusakan mulai diperbaiki. Perbaikan berlangsung dari titik nol Pelabuhan Bakauheni sampai perbatasan Kabupaten Lampung Selatan dengan Bandar lampung. 


    Perbaikan ini, ujar Samran pelaksana pekerjaan perbaikan Jalinsum, untuk kelancaran arus lalu lintas saat Hari Raya Idulfitri 2020 nanti. Ditargetkan perbaikan akan rampung sebelum lebaran.

    "Kami targetkan perbaikan jalan nasional ini selesai H-14 Lebaran," kata Samran dilokasi perbaikan Jalinsum Desa Pasuruan,  kecamatan Penengahan, Lamsel, Jumat, 17 April 2020.

    Selama pekerjaan perbaikan, jelas Samran,  pihaknya melakukan rekayasa arus lalu lintas agar tidak ada kemacetan. Rekayasa dilakukan dengan pola buka tutup dari dua arah kendaraan. "Kita lakukan buka tutup kendaraan dari arah Bakauheni maupun dari Bandarlampung. Dengan sistem tersebut kami harap tidak ada kemacetan saat perbaikan berlangsung," ujar dia.

    Menurut dia, perbaikan tambal sulam ini dikerjakan pada titik titik yang alami kerusakan parah mulai jalinsum Bakauheni hingga perbatasan by pass kota Bandarlampung.  

    "Seperti ruas Jalinsum Desa Pasuruan sepanjang hampir 3 kilometer  itu yang mulai kami perbaiki," tandasnya.

    Senada dikatakan Kasmir, penanggungjawab pengerjaan Jalinsum dari Satker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional (P2JN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan, perbaikan dilakukan bertahap. Pada pekan pertama April petugas melakukan pemetaan sejumlah titik jalan nasional yang rusak.

    Perbaikan sejumlah ruas Jalinsum yang rusak normalnya dilakukan jelang Ramadan. Sebab seperti tahun sebelumnya, perbaikan sebelum Ramadan bertujuan agar saat arus mudik Idul Fitri jalan dalam kondisi nyaman untuk dilintasi. Meski pada tahun ini kegiatan mudik diimbau tidak dilakukan, namun perbaikan tetap dilakukan.

    “Keluhan dari masyarakat memang sudah kerap disampaikan namun perbaikan skala besar menunggu jadwal. Sebelum itu dilakukan langkah penambalan hanya pada titik lubang yang rusak,” terang Kasmir, Kamis (16/4/2020).

    Pada saat pelaksanaan pekerjaan, Kasmir menyebut perbaikan dilakukan pada jalur kiri arah Bandarlampung menuju Bakauheni. Langkah tersebut dilakukan agar kendaraan yang melintas tidak terganggu.

    “Selama proses perbaikan dipastikan tidak mengganggu akses pengendara terlebih kondisi jalan saat ini sedang lengang,” beber Kasmir.

    Kepala Satuan Polisi Lalulintas (Kasatlantas) Polres Lamsel, AKP Agustinus Rinto menyebutkan, telah menyurati pihak terkait untuk perbaikan Jalinsum.

    Ia menyebut pada titik KM 67 dan 68 kerap dilaporkab oleh masyarakat kerap terjadi kecelakaan lalu lintas. Sebagai upaya perbaikan sementara pihaknya telah melakukan proses penambalan beberapa kali untuk meminimalisir kecelakaan. Terakhir Satlantas pada Selasa (7/4) lalu. 

    “Satlantas melakukan penambalan dalam rangka Operasi Keselamatan Krakatau dan perbaikan skala besar dilanjutkan oleh PUPR,” cetusnya. (sumber Net)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Jelang Ramadan, Jalinsum Rusak Mulai Diperbaiki Rating: 5 Reviewed By: justitia news