• Latest News

    Kamis, 14 Maret 2019

    Herman HN Layak Sandang Bapak Pembangunan Insfrastruktur dan Tokoh Pelopor Pelayanan Publik Lampung

     

    Bandarlampung (Andpost) - Bapak Pembangunan Infrastruktur dan Tokoh Pelayanan Publik sangat layak disandang Walikota Kota Bandarlampung  Herman HN.

    Betapa tidak, fly over untuk pertama kali dibangun saat kepemimpinan Herman HN dan mampu mengurai masalah akut Kota Bandarlampung bidang transportasi.

    Bukan itu saja, sarana dan prasarana bidang pelayanan publik pun telah dihadirkan Walikota Bandarlampung. Ungkapan sebagai Tokoh Pelopor Pembangunan Bidang Pelayanan Publik, sulit untuk disangkal.

    Kini, Walikota Bandarlampung menepati janji membangun dua flyover di Jalan Untung Suropati dan Jalan Komarudin tahun ini.
    Rencana dimaksud, awalnya diungkapkan Wali Kota Bandar Lampung Herman HN usai meninjau pekerjaan underpass Unila, Rabu, (2/1/2019).
    Meski demikian, sejumlah PR menggelayuti Dinas Pekerjaan Umum Bandar Lampung yang hingga kini masih dalam proses merampungkan pembebasan lahan warga yang terdampak proyek dua flyover. Dua flyover itu masing-masing di ruas Jalan Untung Suropati-RA Basyid dan Jalan Kapten Abdul Haq-H Komarudin.
     

    Kepala Seksi Perencanaan Dinas PU Bandar Lampung Yatmi Handayani mengungkapkan, pembebasan lahan proyek dua flyover tersebut belum selesai 100 persen.
    "Kami targetkan pembebasan lahan selesai Maret ini. Memang agak alot di Rajabasa (lokasi calon flyover Kapten Abdul Haq-Komarudin). Berbeda dengan di Untung (flyover Untung Suropati-RA Basyid)," katanya,kemarin.

    Dalam proses pembebasan lahan warga yang terdampak proyek dua flyover, Pemkot Bandar Lampung telah menetapkan nilai ganti rugi lahan sebesar Rp 2,5 juta per meter.
    Adapun, selain flyover Untung Suropati-RA Basyid, satu rencana proyek flyover lainnya berlokasi di ruas Jalan Kapten Abdul Haq-H Komarudin, Kecamatan Rajabasa.

    Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Bandar Lampung Dedy Sutiyoso telah memastikan, selain lahan, nilai dari tanam tumbuh di atas lahan warga pun akan mendapatkan ganti rugi.

    "Pembebasan lahan sudah disepakati. Harganya Rp 2,5 juta per meter. Tanam tumbuhnya juga dihitung," ujarnya, pertengahan Februari 2019.

    Untuk membayar uang ganti rugi lahan tersebut, Pemkot Bandar Lampung menyiapkan total dana sebesar Rp 15 miliar.

    "Kami siapkan untuk ganti rugi, Rp 15 miliar, di dua titik (flyover) tersebut," kata Kepala Dinas PU Bandar Lampung Iwan Gunawan, pertengahan Januari 2019. "Kami ganti rugi juga bangunan di atasnya," imbuh Iwan.
    Selain pembebasan lahan warga, tahapan lain yang berjalan adalah tender rekanan yang akan mengerjakan proyek dua flyover.

    Penelusuran journalist, pertengahan Februari 2019, sejumlah warga di Jalan Untung Suropati dan RA Basyid yang lahannya terdampak proyek flyover mengaku sudah menandatangani berkas ganti rugi.

    Vivi, warga Kelurahan Labuhan Ratu Raya, Kecamatan Labuhan Ratu, misalnya. Lahan miliknya yang terdampak proyek flyover Untung Suropati-RA Basyid mencapai 38,055 meter. Total ia mendapat uang ganti rugi sekitar Rp 95 juta.

    Pak RT dan lurah datang ke rumah, ngantar berkas untuk pencairan ganti rugi lahan. Itu baru lahan. Nanti juga bangunan, misalnya tembok, kanopi, dan lainnya," tutur Vivi.

    Pada berkas pencairan uang ganti rugi yang ditandatangani, Vivi diminta mencantumkan nomor rekening bank.

    "Kalau dananya cair, langsung ditransfer ke rekening itu," ujarnya.

    Sementara Asmuni, warga Kelurahan Labuhan Dalam, meneken berkas pencairan ganti rugi pada 17 Januari di kantor kelurahan.

    "Intinya, dalam berkas itu, lahan kena sekian, biaya ganti ruginya sekian," katanya.

    Adapun lahan Asmuni yang terdampak proyek flyover Untung Suropati-RA Basyid mencapai 16 meter, plus bangunan 5 meter. Total uang ganti ruginya sekitar Rp 40 juta.

    "Akan ditransfer. Makanya, cantumkan nomor rekening bank. Tapi pas tanda tangan, nggak dikasih tahu kapan waktu cairnya. Mungkin nanti pas cair baru dikasih kabar," jelasnya.

    Menjelang pembangunan flyover Jalan Untung Suropati-RA Basyid, sejumlah warga membongkar sendiri bangunannya. Warga yang berdagang bahkan sudah ada yang pindah lokasi jualan.

    Penelusuran awak journalis, Senin (11/3/2019), beberapa warga membongkar sebagian bangunan seperti toko dan tembok rumah. Sebagian bangunan beserta lahannya tersebut bakal terdampak proyek flyover Untung Suropati-RA Basyid, Kecamatan Tanjung Senang.

    Warga yang memiliki bangunan sengaja membongkar sendiri sebagian bangunannya. Alasannya, untuk menghindari timbulnya kerusakan lebih berat apabila yang membongkar adalah pihak pekerja flyover.

    Masih di lokasi calon flyover Untung Suropati-RA Basyid, pedagang di sekitar Pasar Untung, Jalan RA Basyid, sudah ada yang memindahkan lokasi jualan. Seorang pedagang makanan ketoprak, misalnya, telah memasang pengumuman mengenai pindahnya lokasi mangkal.

    Terkait dampak rencana pembangunan flyover Untung Suropati-RA Basyid, beberapa pedagang menyadari kemungkinan konsumen akan sepi setelah ada flyover. Termasuk, soal lokasi dagang yang mungkin tidak lagi selebar sebelum flyover berdiri.

    "Masih bingung ke depannya. Sekarang pendapatan masih normal. Tapi kalau sudah ada flyover, mungkin bakal sepi. Pembeli juga mungkin malas mampir ke toko pas lagi pengerjaan," tutur Indri, pegawai toko buah di Pasar Untung.


    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Herman HN Layak Sandang Bapak Pembangunan Insfrastruktur dan Tokoh Pelopor Pelayanan Publik Lampung Rating: 5 Reviewed By: justitia news