• Latest News

    Senin, 16 September 2019

    Doktor H.Andi Surya : Saatnya Pertanian Dilaksanakan Secara Organik

    METRO (JN) - Bakal Calon Walikota Metro, Doktor H.Andi Surya menuturkan perkembangan dunia pangan khususnya produk pertanian dewasa ini, sudah menjadi keharusan apabila pertanian dilaksanakan secara organik. Potensi mengembangkan pertanian organik di Indonesia pun terbilang sangat terbuka lebar, hal ini karena tersedianya berbagai unsur tanaman yang berfungsi sebagai pupuk organik maupun pestisida nabati serta memungkinkan berkembangbiaknya musuh alami (Predator) bagi pengendalian siklus hidup hama dan penyakit.
    "Pupuk organik (kompos) sudah tidak asing lagi bagi petani-petani di Indonesia. Pada era pertanian klasik kompos yang biasanya terbuat dari kotoran hewan maupun sisa-sisa tumbuhan yang telah membusuk digunakan sebagai bahan andalan penyubur tanaman. Seiring dengan maraknya penggunaan pupuk kimia keberadaan pupuk organik pun mulai ditinggalkan oleh para petani,"katanya

    Disamping penggunaan musuh alami untuk pengendalian hama dan penyakit, penggunaan pestisida nabati juga sangat mungkin untuk diterapkan. Indonesia memiliki varitas tumbuhan obat untuk penggunaan pestisida nabati. Penggunaan pestisida nabati ini juga sudah tidak asing lagi penggunaannya oleh para petani tradisional. Seperti penggunaan tembakau untuk mengusir hama wereng dan lain sebagainya.

    Pertanian organik memang tidak memberikan reaksi instan pada hasil-hasil pertanian, akan tetapi dengan pelaksanaan pertanian organik akan membawa pertanian berjangka panjang dan memberikan solusi bagi tersedianya bahan pangan yang sehat. Oleh karena itu di era pertanian modern sekarang ini, penerapan pertanian organik mutlak diterapkan, secara gradual dan sistematis para petani sedikit demi sedikit dikurangi ketergantungannya terhadap bahan-bahan kimia.

    Demikian pernyataan Bakal Calon Walikota Metro, Doktor H.Andi Surya dalam satu kesempatan di pertemuan dengan warga Karangrejo Kota Metro.

    Diberitakan, suka cita warga Karangrejo Kota Metro melakukan persiapan Sarasehan Petani UMKM Berjaya pada 21 September 2019 di Karangrejo, Kota Metro. Rapat persiapan dilaksanakan di Rumah Bapak Sarjono, Karangrejo, Kota Metro, Senin 16 September 2019
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments
    Item Reviewed: Doktor H.Andi Surya : Saatnya Pertanian Dilaksanakan Secara Organik Rating: 5 Reviewed By: justitia news